3/22/2013

Tips mengisi Lembaran LJK UN

UN tinggal menghitung hari ada, baiknya kita saling mengingatkan tips mengisi lembar jawaban UN yang baik dan benar.

1. Persiapkan alat yang dibutuhkan seperti pensil 2b sebanyak 3buah (buat cadangan), serutan, penghapus, serta papan ujian (yang permukaanya halus)



2. Saat akan memulai ujian, jangan lupa memanjatkan doa kepada Tuhan YME, karena Dia lah yang menentukan semua apa yang kita lakukan. Sebisa mungkin buang perasaan yang tidak mengenakkan. Seperti tegang, grogi, takut serta keinginan untuk buru - buru dalam mengerjakan soal, karena akan berdampak pada hasil ujian kita.



3. pada saat ujian, waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal selama 120 menit. pada awalnya kita harus mengisi biodata lengkap beserta tanggal pelaksanaan ujian. Point ini juga penting, karena jika terjadi kesalahan dalam melingkar kolom biodata, komputer tidak bisa membaca LJK kita atau dalam kata lain ERROR. jadi sebisa mungkin melingkarnya dengan teliti dan tetap harus bersih.




4. Biasanya soal UN ada yang terdapat 40 butir sampai 50 butir soal. jadi harus benar - benar fokus dalam  mengidentifikasi soal dan menjaga kebersihan LJK UN.


5. carilah strategi pribadi anda sendiri sebagai peserta UN, seperti mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. agar dapat menghemat waktu.

6.seperti yang disebutkan di point sebelumnya, jangan berprasangka ingin cepat selesai karena berpengaruh terhadap penghitaman option jawaban, dan sebisa mingkin LJK UN tidak terdapat coretan, dan tidak kusut atau terlipat - lipat.


5.  mengenai paket soal, akhir - akhir ini ada yang menyebut 5 paket, 10 paket hingga 20 paket. jangan memperdulikan soal paketnya, ada baiknya teruslah menggali ilmu karena biarpun soal setiap peserta berbeda dalam satu ruangan, kemampuan peserta itu sendiri yang dapat menentukan dalam mengerjakan soal.

7. periksa kembali hasil jawaban anda jika memang telah selesai mengerjakan soal yang ada. perhatikan satu demi satu hasil anda dalam menghitamkan option jawaban serta biodata anda.


8. jika telah 100% yakin terhadap LJK yang telah terisi. segera kumpulkan kepada pengawas UN. yakin akan apa yang telah anda lakukan di hari itu.

Sekian Post kali ini semoga bermanfaat bagi pelajar di seluruh Indonesia!!




No comments:

Post a Comment